Prospek Kerja

Ada 5 (lima) bidang ilmu yang akan dipelajari di jurusan AGH, yang nantinya akan menentukan bidang karir atau pekerjaan bagi alumni setelah lulus, diantaranya:

  1. Produksi tanaman

Berkaitan dengan kuantitas produksi tanaman di lapang. Artinya kita fokus untuk meningkatkan jumlah panen tanaman yang kita budidayakan, kualitasnya, juga keberlangsungan produksinya. Lebih ke aspek perbaikan teknik budidaya, juga pengembangan budidaya tanpa tanah, dan budidaya organik.

  1. Ekofisiologi tanaman

Disini fokusnya adalah memanipulasi lingkungan yang tidak sesuai untuk pertumbuhan tanaman, menjadikan lingkungan sesuai. Contohnya kita menanam di lingkungan panas di jakarta, tapi tanaman kita tidak bisa berbunga kalau lingkungannya panas. Nah, bagaimana caranya supaya tanaman itu mau berbunga, akan kita buat dan manipulasi lingkungannya  agar sesuai.

  1. Genetika dan Pemuliaan tanaman

Dalam bidang ini kita bisa bereksperimen dan memimpikan untuk menghasilkan buah mangga rasa melon. Karena tujuan adanya bidang ini yaitu untuk mengembangkan varietas unggul baru, dengan cara meningkatkan daya hasilnya, perbaikan kualitasnya, atau perbaikan adaptasinya melalui seleksi tanaman atau perakitan genetik tanaman.

  1. Bioteknologi tanaman

Dibidang ini akan banyak dipelajari tentang sel-sel tumbuhan yang warnanya hijau dan tidak jelas bentuknya yang akan direkayasa dan tumbuh menjadi tanaman baru yang kita harapkan. Disini kita akan pelajari mengenai Kultur jaringan dan rekayasa genetika, menjadi jalan untuk perbaikan kualitas, kuantitas, dan produktivitas tanaman dengan menggunakan peralatan dan teknologi yang canggih.

  1. Ilmu dan Teknologi benih

Benih (biji, bibit) memiliki andil besar dalam pertanian. Benih adalah bahan tanam utama yang ditanam oleh petani yang nantinya akan dipanen hasilnya. Tugas di bidang ini adalah produksi dan peningkatan mutu benih itu dan menjaga ketersediannya. Jangan sampai petani tidak memperoleh benih untuk ditanam, karena kualitas benih dari produksi khusus dan produksi sisa panen itu berbeda. Itulah sebab banyak sekali perusahaan-perusahaan swasta atau BUMN penghasil benih bermutu di Indonesia.

 

Prospek dan Peluang Karir

Dari kelima bidang tersebut, masing-masingnya berperan besar di bidang pertanian dan pangan di indonesia, bahkan dunia. Peluang karir untuk bekerja di bidang ini luas. Pertama adalah litbangtan (penelitian dan pengembangan pertanian), kementerian pertanian untuk mengambil kebijakan, dosen dan pengajar, perusahaan produksi sarana dan prasarana pertanian, perusahaan perkebunan, perbankan pertanian, LSM, dan yang paling menarik adalah wirausaha pertanian. Lulusan Agh dibutuhkan di berbagai bidang, pilihan ada di tangan setiap alumni untuk berkarya dan bekerja dibidang yang mereka kuasai dan minati.

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.