Capaian Pembelajaran

CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOMES)

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor.8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia,  BAB II, pasal 5(f) bahwa lulusan program sarjana setara dengan jenjang 6, Learning OutcomesProgram Studi Agronomi Fakultas Pertanian Universitas Lampung disusun sbb.:

SETIAP LULUSAN PROGRAM STUDI AGRONOMI PROGRAM SARJANA

MEMILIKI CAPAIAN PEMBELAJARAN SEBAGAI BERIKUT:

1.      SIKAP:
a.       Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.

b.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

c.       Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

d.      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.

e.       Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

f.       Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

g.      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

h.      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

i.        Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

j.        Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

2.      PENGUASAAN PENGETAHUAN:
a.       Menguasai konsep teoritis bidang pemuliaan tanaman (genetika), fisiologi tanaman, ilmu benih, ilmu gulma, dan pasca panen untuk memecahkkan masalah produksi tanaman pangan, perkebunan, hortikultura secara ilmiah sehingga didapatkan produksi tanaman yang tinggi dan berkualitas serta berkelanjutan.

b.      Mampu menyusun konsep aplikatif  berdasarkan teori dan pengetahuan  pemuliaan tanaman (genetika), fisiologi tanaman, ilmu benih, ilmu gulma, dan pasca panen untuk memecahkan masalah dan mendapatkan produksi tanaman yang tinggi dan berkualitas serta berkelanjutan.

3.      KETERAMPILAN KHUSUS:
a.       Mampu merencanakan suatu kegiatan keagronomianberbagai komoditas pertanian (tanaman pangan, perkebunan, dan hortikultura)

b.      Mampu mengorganisir   suatu kegiatan keagronomian berbagai komoditas pertanian (tanaman pangan, perkebunan, dan hortikultura)

c.       Mampu melaksanakan  suatu kegiatan keagronomian berbagai komoditas pertanian (tanaman pangan, perkebunan, dan hortikultura)

d.      Mampu mengevaluasi  suatu kegiatan keagronomian berbagai komoditas pertanian (tanaman pangan, perkebunan, dan hortikultura)

4.      KETERAMPILAN UMUM:
a.       Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian.

b.      Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

c.       Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau berpikir kritis.

d.      Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

e.       Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

f.       Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

g.      Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnyanya.

h.      Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

i.        Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

Link Capaian Pembelajaran Jurusan dan Program Studi Agronomi dan Hortikultura:

Capaian Pembelajaran PS AGH

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.